cover
Contact Name
Nizaruddin
Contact Email
jp3@upgris.ac.id
Phone
+6224-8455461
Journal Mail Official
jp3@upgris.ac.id
Editorial Address
LPP Universitas PGRI Semarang, Jl. Lingga No. 8 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
ISSN : 24773387     EISSN : 25976516     DOI : -
Core Subject : Education,
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali setahun bulan November dan Mei, berisi tulisan ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENDIDIKAN INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF) Fijanatul Karimah; Anita Candra Dewi Sagala; Aryo Andri Nugroho
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.12972

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini yang disingkat menjadi PAUD, Merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Perkembangan anak yang perlu diperhatikan adalah dalam menumbuhkan perilaku yang memiliki ciri-ciri nilai karakter yang baik yang menjadikan anak mampu menghadapi kehidupan saat dewasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter anak diantaranya nilai kejujuran, kesopanan dan nilai kemandirian di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “Annisa” Jenggot Kota Pekalongan. Dalam mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter juga diperlukan adanya kerjasama peran orang tua dalam melakukan pembiasaan yang sudah dilakukan disekolahan. Metode pendekatan dalam penelitian ini secara umum adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan untuk memunculkan suatu produk yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah Kenaikan hasil kemampuan nilai-nilai karakter dalam program pendidikan Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang dilakukan dengan terintegrasi dalam pembelajaran sekaligus pembiasaan dikehidupan sehari-hari yang mampu memaksimalkan perkembangan kemampuan nilai karakter anak itu sendiri.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLI PBOOK MAKER DENGAN METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KESADARAN DIRI ANAK USIA 4 - 5 TAHUN Siti Asiyah; Anita Chandra Dewi; Joko Sulianto
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.13181

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana validitas Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun?, (2) bagaimana kepraktisannya?, (3) bagaimana efektifitasnya?. Tujuan dari penelittian ini adalah (1) untuk mendriskripsikan validitas Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun, (2) untuk mendiskripsikan kepraktisannya, (3) untuk    menganilisa keefktifannya. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada ADDIE. Tahap validasi melibatkan 3 orang subjek (1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli bahasa ) dilibatkan untuk menilai kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba dilakukan secara skala terbatas dengan subyek uji coba anak kelas A yang berjumlah 20 anak, dan uji lapangan melibatkan 5 guru TK M NU Masyithoh 05 Banyurip Alit Kota Pekalongan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, non tes (observasi), dan dokumentasi. Analisis yang melalui uji normalitas, uji perbedaan dan uji N-gain dengan menggunakan aplikasi    SPSS versi 16.0. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Pembelajaran Flipbook Maker dengan Metode Storytelling yang dikembangkan  sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kesadaran diri anak usia 4-5 Tahun.
Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Melalui NHT Berorientasi Inquiri Terbimbing pada Materi Perbandingan dan Skala di SD Se- Gugus Ahmad Yani Kecamatan Gringsing, Batang Juharti Juharti; Bagus Ardi Saputro; Aryo Andri Nugroho
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.12959

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik , pembelajaran masih  pasif, peserta didik merasa takut dan sulit mengungkapkan pendapat dan ketertarikan peserta didik pada pelajaran Matematika masih rendah yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) berorintasi inquiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas  proses   dan hasil pembelajaran melalui NHT      Berorientasi Inquiri Terbimbing pada Materi Perbandingan dan Skala di SD Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Gringsing, Batang. Pemilihan populasi dan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas V di SD Negeri Sawangan 01. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal) pengambilan sampel penelitian ini menggunakan 1 kelompok belajar yang berjumlah 15 peserta didik. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes  sebanyak  dua  kali, yaitu sebelum diberi perlakuan disebut pretest  dan sesudah perlakuan disebut posttest . Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas model   NHT (Numbered Heads Together) berorientasi inquiri terbimbing dan variabel terikat adalah kualitas  proses   dan hasil pembelajaran. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji one Sampel t-test untuk menguji hipotesis. One Sampel t-test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan rata-rata signifikasi pada model  pembelajaran yang digunakan.
PENGEMBANGAN MEDIA RUMAH GEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN) Atik Mufidah; Bagus Ardi Saputro; Muhtarom Muhtarom
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.13037

Abstract

Mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini merupakan suatu usaha untuk menstimulasi kemampuan yang dimiliki anak dalam mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) yang dapat merangsang serta dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak. Pengembangan media geometri merupakan suatu proses mendesain pembelajaran dengan penggunaan alat bantu sebagai media untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri yang secara logis dan sistematis dalam menetapkan segala sesuatu yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik (Hamid, 2013). Rumah Geo merupakan suatu media atau alat permainan yang dirancang dan dibuat membentuk rumah serta digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometri kepada anak usia dini khususnya anak usia 4-5 tahun melalui bermain untuk mendapatkan pengalaman belajar yang konkret. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and development. Pendekatan dan desain yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian adalah RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan Maret sampai dengan Juni 2022. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik Kelompok A usia 4-5 tahun. Sampel yang digunakan yaitu sejumlah 30 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian : Angket, Lembar Observasi, Pedoman Wawancara, Dokumentasi. Teknik pengumpulan data : angket, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data : Uji Validasi, Reliabilitas, Uji Kepraktisan, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil kevalidan : Pengembangan media Rumah Geo terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A usia 4-5 tahun.
HABITUASI MEMBACAKAN BUKU CERITA UNTUK KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI Nur Hidayah; Arri Handayani; Iin Purnamasari
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.12967

Abstract

TK Muslimat NU  Masyithoh 04 Kergon Kota Pekalongan yang merupakan lembaga PAUD di Kota Pekalongan yang mempunyai Program kegiatan membacakan buku cerita untuk anak sebagai gerakan keaksaraan awal.   Pembelajaran  pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak sudah diprogramkan dan dilaksanakan oleh guru dan orang tua sejak tahun 2016, namun  untuk yang membacakan buku cerita oleh orang tua  belum maksimal dan belum dilaksanakan secara rutin karena kesibukan orang tua, membacakan buku cerita anak dikembalikan lagi kepada sekolah. Program pembiasaan ini dilaksanakan setiap pagi yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas, tetapi pembiasaan membacakan buku cerita belum berjalan secara optimal karena hanya 1 minggu sekali, pendidik kurang dalam menekuni dalam pembiasaan membacakan buku cerita untuk anak. Maraknya teknologi dan pembelajaran daring sehingga anak  sering menggunakan handpone, dan menonton televisi yang ada media gambar bergerak dengan bermacam warna. Salah satu upaya yang dilakukan oleh TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon adalah dengan kegiatan habituasi atau pembiasan membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal  pada anak usia dini.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan   awal anak usia dini. Tempat Penelitian adalah di TK Muslimat NU Masyithoh 04 Kergon Jalan Sulawesi Gg 3 No. 15 Kelurahan Bendan Kergon Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan April – Juni  2022. Subyek  yaitu  pendidik yang berjumlah 5 dan 1 kepala sekolah. Penelitian ini yang diteliti adalah aktivitas guru dalam habituasi membacakan buku cerita untuk keaksaraan awal anak usia dini bagaimana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologsi yaitu melihat fenomena yang terjadi dan tindakan apa yang dilakukan untuk kegiatan tersebut. Teknik pengumpulan data mengumpulkan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan  dokumentasi. Habituasi membacakan buku cerita dari pendidik kepada anak didiknya dalam penelitian ini dilakukan secara rutin setiap hari pada pagi hari sebelum pembelajaran inti dengan durasi kurang lebih 30-45 menit. Terdapat pojok-pojok baca di setiap ruangan kelas. Adanya program sedekah buku setiap 1 bulan sekali dari wali murid.  Habituasi membacakan buku cerita menambah ketertarikan dan minat baca akan buku sehingga untuk mengenalkan keaksaraan awal anak usia dini disamping itu juga  bisa mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak dengan baik. Kosa kata anak bertambah, pengenalan literasi dan kegiatan membaca dari kebiasaan yang distimulus oleh pendidik menjadikan  keterampilan anak bertambah.
PENGEMBANGAN METODE MEMBATIK ECOPRINT UNTUK MENUMBUHKAN MOTORIK HALUS ANAK TK Anna Diana Shanty; Arri Handayani; Bagus Ardi Saputro
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 8, No 1 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v8i1.13035

Abstract

Perkembangan ketrampilan motorik halus anak yang sering dijumpai khususnya anak Taman Kanak-Kanak, bahwa anak-anak masih mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari-jari tangan untuk kegiatan seperti memotong, mengecat, melipat dan mengisi pola dengan merekatkan benda-benda kecil. Hal ini disebabkan antara lain keterbatasan media, anak tidak dapat memegang gunting dengan benar, tidak dapat mengikuti pola, atau kurang tepatnya metode dan strategi pembelajaran yang diberikan kepada anak serta kurang variatif dan monoton sehingga anak enggan atau malas saat melakukan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan buku pintar /flipbook metode membatik ecoprint untuk menumbuhkan motorik halus anak. Metode penelitan ini Research & Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall dengan 10 langkah, namun penelitian ini dengan delapan langkah yakni sampai dengan ujicoba lapangan. Kesimpulannya bahwa buku pintar/ flipbook membatik ecoprint terbukti layak, praktis dan efektif untuk menumbuhkan motorik halus anak TK. Orang tua dan guru dapat menggunakan buku pintar/flipbook membatik ecoprint sebagai sumber bahan ajar yang dapat menumbuhkan motorik halus anak TK, sebagai salah satu pilihan untuk mengeluarkan emosioanal anak dan mengenalkan budaya lokal batik yang ramah lingkungan serta sebagai sarana mengembangkan kreatifitas seni anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6